SUNGAIRAYA- Meningkatnya kualitas pendidikan hingga terbangunnya sumber daya manusia yang lebih baik dinilai Wakil Bupati Kubu Raya,Sujiwo bisa lebih mudah terealisasi jika masyarakat Kubu Raya kita memiliki semangat membaca yang baik.

            Untuk meningkatkan minat dan semangat membaca yang baiktersebut kata Sujiwo salah bisa dilakukan dengan mengoptimalkan tugas dan peran Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) di Kubu Raya.”Selain menambah koleksi buku bacaan, kedepan bisa saja Arpusda lebih giat lagi mengelar kampaye minat baca di masyarakat,”jelasnya.

            Selain kampaye minta baca,Sujiwo pun meminta agar instansi terkait untuk kembali menghidupkan Perpustakaan Keliling di Kubu Raya. Sehingga masyarakat disemua wilayah Kubu Raya nantinya akan mendapatkan akses terhadap kebutuhan buku-buku bacaan.

            “Kami ingin fokus juga membangun SDM generasi yang berkualitas ke depan. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran Perpustakaan Daerah. Menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menghidupkan kembali Perpustakaan Keliling Sehingga masyarakat di daerah juga mendapat akses terhadap buku-buku bacaan. Secara perlahan nanti akan menghidupkan minta baca masyarakat terus meningkat.

            “Meningkatkan minta baca masyarakat ini juga bisa menjadi salah satu cara kita untuk menghapuskan buta aksara di Kubu Raya. Mungkin saat ini masih ada orang-orang tua kita yang belum bisa baca tulis, nah bagaimana kedepan agar generasi saat ini semuanya harus sudah bisa baca tulis bahkan melek teknologi, sekalipun di daerah terluar,”ujar Sujiwo.

            Sujiwo berharap dengan cara itu nantinya akan semakin meningkatkan kecakapan, pengetahuan dan pendidikan masyarakat. Dengan tersedianya bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

            “Misalnya masyarakat kita yang berada di sekitar pesisir sediakanlah bacaan yang sesuai, berupa bahan budidaya, atau buku-buku penambah pengetahuan wira usaha dan lainnya. Yang intinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat,”ucapnya.

Sumber : Pontianak Post, Kamis, 28 Februari 2019

0Shares

Leave a Comment