SUNGAI RAYA- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kubu Raya terus berupaya mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat Kubu Raya. Selain terus menambah jumlah koleksi buku, dinas yang dipimpin HM. Saini Umar ini pun kian rutin memberikan pelayanan perpustakaan keliling hampir disetiap sekolah yang letaknya tak jauh dari pusat ibu kota kabupaten.

“Kalau ditotalkan jumlah kunjungan masyarakat ke Perpustkaan Daerah Kubu Raya dalam satu tahun bisa mencapai sekitar 3.250 orang,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kubu Raya, Saini Umar, Senin (13/5)kepada Pontianak Post saat ditemui diruang kerjanya.

Selain terus menambah jumlah koleksi buku, kata Saini pihaknya juga melakukan layanan jemput bola dengan perpustakaan keliling. Pelayanan Pusling sendiri lanjutnya tidak hanya dilakukan disetiap sekolah baik SD dan SMP, namun juga di sejumlah tempat strategis lainnya di setiap kecamatan.

Ditanya jumlah koleksi buku yang dimiliki, kata dia, hingga saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kubu Raya telah memiliki sebanyak 17.500 koleksi buku dengan beragam judul. “Ada buku bacaan, buku fiksi, pelajar dan buku-buku agama, dan sejumlah buku yang berkaitan dengan sektor pertanian, perikanan dan perkebunan, “ ujarnya.

Adapun pelayanan yang diberikan setiap harinya mulai dari pukul 07.30 hingga pukul 15.30. Untuk hari-hari biasanya, lanjutnya kunjungan pelajar mulai dari SD, SMP hingga SMA yang menyambangi perpustakaan daerah Kubu Raya kata dia bisa mencapai sekitar 30-40 pelajar.

Tak cukup dengan menambah koleksi buku dan melakukan layanan perpustakaan keliling, untuk mendongkrak minat baca masyarakat kata Saini pihaknya pun kian rutin memberikan penyuluhan dan edukasi bagi masyarakat terhadap pentingnya melestarikan budaya membaca.

“Untuk brosur, pamflet dan sejenisnya juga kami bagikan dengan harapan bisa menggugah peningkatan kesadaran masyarakat untuk memaba, “pungkasnya.

Sumber: Pontianak Post, Selasa, 14 Mei 2019

0Shares

Leave a Comment