PONTIANAK – Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah dan Perpustakaan Umum Tepian Sungai Kapuas Kota Pontianak akan mewakili Kalimantan Barat dalam Lomba Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Umum Desa ke Tingkat Nasional. Begitu juga siswi Sekolah Dasar Bawamai, Thalita Nazifah, yang dinobatkan sebagai Juara 1 Lomba Bercerita Tingkat Provinsi.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan lomba tentang Perpustakaan untuk tingkat provinsi, seperti Lomba Bercerita Siswi Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Lomba Pustakawan Berprestasi, Lomba Perpustakaan Sekolah dan Lomba Perpustakaan Umum Desa. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 25-27 Juni 2019 di Hotel Gajahmada Pontianak.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat yang dibacakan oleh Plt. Kepala Bidang Deposit, Pengolahaan Bahan Perpustakaan dan Konservasi Bahan Pustaka, Drs. Sahroni, kegiatan rutin tersebut dilaksanakan setiap tahunnya yang dimulai dari seleksi tingkat kabupaten/kota.

“Setiap tahunnya Kalimantan Barat mengirimkan wakil terbaiknya ke Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional. Adapun terbaik yang pernah kita toreh adalah sebagai finalis pada Grand Final Tingkat Nasional Tahun 2013 dan pernah menjadi juara pertama di tahun 2016,” ujarnya.

Di tahun 2016, Muhammad Raxqel Alqadrie mengharumkan nama Kalimantan Barat di Tingkat Nasional sebagai Juara 1 Lomba Bercerita Siswi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.  Di tahun 2018, Perpustakaan Umum Desa Tresno Budoyo Desa Sabung Kabupaten Sambas meraih Juara 1 Nasional Perpustakaan Umum Desa Klaster C.

Berikut para pemenang lomba yang akan menjadi wakil Kalimantan Barat di Tingkat Nasional :

1. Lomba Bercerita Siswi SD/MI :  Thalita Nazifah (Kota Pontianak)

2. Lomba Perpustakaan Umum Desa : Perpustakaan Tepian Sungai Kapuas (Kota Pontianak).

3. Lomba Perpustakaan Sekolah : SMA Negeri 1 Siantan (Kabupaten Mempawah)

4. Lomba Pustakawan Berprestasi : Tatik Hartatik, M.IP (IAIN Pontianak)

Oleh: (Novi Muharrami, S.S)

0Shares

Leave a Comment