Empat belas bulan kami dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan, Bapak Natalis Narudin S.Pd, M.Si. Dalam sejarah, beliau tercatat sebagai orang pertama yang menduduki jabatan Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan, dalam nomenklatur OPD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Kepala Unit Pelatihan Transmigrasi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar.

Tak terkecuali, siapapun yang datang ke perpustakaan pasti akan terkejut. Apalagi di Bidang Pelayanan Perpustakaan, sebuah pelayanan nonprofit dan langsung bersinggungan dengan masyarakat. Tidak ada pendapatan apa-apa, kecuali sebuah kepuasan dapat mencerdaskan bangsa dan membuka wawasan melalui jendela dunia. Masyarakat yang datang ke perpustakaan tidak hanya mereka yang gila baca, suka buku, orang-orang pintar dari kalangan terpelajar, tapi juga ada masyarakat yang dikategorikan kurang waras tapi suka buku.

Tak terasa, empat belas bulan berlalu begitu cepat. Rasanya baru saja duduk berdiskusi membahas masalah-masalah yang ada di bidang ini. Tertawa bersama sambil duduk minum kopi dan berbagi pengalaman selama bapak bertugas di berbagai dinas di pemerintahan provinsi ini. Belum lagi cerita tentang kebun durian. Kami pun pernah pergi berkunjung ke rumahnya di Daerah Pahauman, Kabupaten Landak.

“Selamat memasuki dan menikmati masa pensiun, pak Natalis. Terima kasih atas kebersamaan selama menjabat sebagai pimpinan kami, Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan.”

0Shares

Leave a Comment