PONTIANAK- Pengiat Literasi yang tergabung dari beberapa Komunitas yang ada di Kota Pontianak mengadakan kegiatan Ngabuburit Literasi. Kali ini mereka mengadakan kegiatan Menyusuri Sungai Kapuas & Membaca Cerita Pendek Dalam Buku” Demikianlah Pada Mulanya.”

Tujuan kegiatan kali ini terasa lebih spesial dan berciri khas kota Pontianak. Dengan keindahan, fenomena dan sejarah daerah-daerah di tepian sungai, serta lebih mengenalkan dan menghargai karya-karya sastra daerah Kalimantan Barat.

Kegiatan yang dihelat hari Rabu, 22 Mei 2019, di mulai di Taman Alun Kapuas, yang dahulu di kenal dengan Taman Larrive (Larrive Park), dilanjutkan di Waterfront city dan kemudian di atas Kapal Bandong sekaligus buka bersama menyusuri sungai kapuas.

Buku kumpulan cerita pendek “demikianlah pada mulanya” sebuah buku karya sastra yang ditulis oleh Yusakh Ananda. Sastrawan senior bahkan bisa dikatakan sebagai sepuh di Kalbar. Walau terbit pada tahun 1980. Namun penulisan karya tersebut mulai pada rentang tahun 1940 an. Terdapat sembilan cerpen; Kampungku Yang Sunyi, Penunggu Bukit Yang Nakal, Sebuah Kulumit Terlepas, Penjual Keriping, Demikianlah Pada Mulanya, Si Hitam Dan Anak-Anaknya, Suatu Saat Telah Lewat, Juara Drumband, serta Cerpen Lanun.

“ Saya senang ini pertama kali saya mengikuti kegiatan literasi yang berbeda, membaca di atas kapal wisata, sekaligus menyusuri sungai kapuas. Semoga kegiatan seperti ini terus digalakan karena bisa menjadi salah satu bentuk upaya dalam mengkampayekan budaya membaca dikalangan masyarakat kota Pontianak,” ujar Hari, salah satu peserta yang ikut.

“Harapannya agar masyarakat tergerak hatinya keinginan untuk membaca buku, tidak hanya diatas kapal, tapi dimana saja menyenangkan apabila kesadaran “ membaca bisa dilakukan dimana saja “ tumbuh di benak masyarakat kita” ujar Hera salah seorang pengiat literasi.

Sumber: Pontianak Post, Sabtu, 25 Mei 2019

0Shares

Leave a Comment