Bupati mempawah, Gusti Ramlana menyatakan keprihatinanya terhadap rendahnya minta baca sebagian masyarakat, khusunya di Kabupaten Mempawah.

Apalagi perkembangan dan kemajuan teknologi informasi semakin besar memegaruhi rendahnya minat baca masyarakat pada saat ini.” Adanya televisi dan internet sebagai jaringan informasi yang bisa menjangkau seluruh dunia, membuat aktivitas pada kedua hal ini lebih mendominasi dibanding kegiatan membaca buku,”kata Gusti Ramlana, ditemui saat melakukan peninjauan di Perpustakaan Mempawah, kemarin.

Karena itu, satu di antara peran utama perpustakaan, dinilainya adalah upaya menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya minat baca. Upaya itu dapat dicapai dengan menyediakan bahan bacaan yang memikat dan kegiatan sosialisasi, promosi serta publikasi pentingnya membaca.

“Selain itu, penyelenggaraan berbagai jenis lomba untuk seluruh kalangan masyarakat, juga dapat membuat masyarakat tertarik untuk datang keperpustakaan dan membubuhkan minat baca masyarakat ,”katanya.

Untuk itu, dia memberikan apresiasi dan memuji langkah dan upaya Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) yang dinilainya sudah menunjukan sejumlah usaha dalam meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Mempawah.

“Saya sudah melihat upaya gencar yang sudah dilakukan Perpustakaan Daerah dalam rangkat meningkatkan animo dan minat kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah sebagai proses pembentukan masyarakat yang cerdas,”ucapnya.

Sumber : Rakyat Kalbar, Sabtu 16 Maret 2019

0Shares

Leave a Comment