SAMBAS- Komunitas Guru Penulis Sambas (KGPS) mengadakan launching buku perdana karya guru-guru penulis Sambas dengan mengambil tema guru mulia karena karya menuju Sambas Berkah. Launching dilangsungka di Gedung Keberbakatan Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, pada Kamis (2/5) kemarin. Hadir dr.I Ketut Sukarja, Staf Ahli Bupati Sambas bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, kemudian dari perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah,

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H Sabhan beserta jajarannya. Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Sambas, Hj Lusyana Kosasih Atbah SPd Amd Farm. Ketua Panitia penyelenggara yang juga ketua Komunitas Guru Penulis Sambas (KGPS) Aswindirno SPd.MPd. Mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi guru-guru dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK se – Kabupaten Sambas guna menumbuhkan minat dan melatih keterampilan menulis.

“Selain itu perlu saya sampaikan bahwa menulis itu tidaklah mudah atau dalam arti tidak semua orang bisa menulis karena menulis merupakan bakat atau kreatifitas dan menulis merupakan keabadian. Wadah ini (KGPS,red) kita bentuk sebagai upaya menarik minat guru untuk membuat karya tulis ilmiah. Guru profesional menjadi salah satu kunci utama dalam pengembangan sumber daya manusia. Guru profesional dapat mengantarkan peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, terampil, memasuki era globalisasi yang makin kompetitif,”kata Aswindirno.

Lebih lanjut, disampaikannya, buku-buku karya guru-guru Sambas yang pada saat ini dihadirkan melalui kegiatan launching tepat di Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei ini, merupakan buku-buku inspiratif yang menggambarkan wajah seorang pendidik seharusnya yaitu guru yang selalu berusaha bagaimana menumbuh kembangkan potensi peserta didik yang dipersiapkan menghadapi tantangan abad 21.

“Abad 21 merupakan suatu abad yang penuh tantangan dan hanya akan bisa ditaklukkan jika peserta didik dubekali kompetensi yang mumpuni yaitu kemapuan berfikir kreatif dan kritis, mampu menyelesaikan masalah melalui kolaborasi dan kerjasama. Tentu saja ini adalah bagian dari tugas berat guru profesional di Kabupaten Sambas sebagai pelukis masa depan indonesia,”imbuhnya lagi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas H.Sabhan, Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Sambas Hj. Lusyana Kosasih, dan dr. I Ketut Sukarja, Staf Ahli Bupati Sambas bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia juga memberikan kata sambutannya. I Ketut Sukarja mewakili Bupati juga membuka kegiatan secara resmi. Mengakhiri acara, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada 59 guru penulis buku tersebut,(28 penulis karya mandiri, 31 penulis karya bersama).

Sumber: Pontianak Post, Selasa, 7 Mei 2019

0Shares

Leave a Comment