Sekadau-RK. Komunitas donasi buku bersama komunitas motir Matic Sekadau menyerahkan sejumlah buku kepada anak-anak di Rojok,Dusun Teribang,Desa seberang Kapuas,Kecamatan Sekadau hilir,sabtu(16/3). Penyerahan buku mata pelajaran,buku bacaan buku tulis tersebut disambut gembira oleh anak-anak setempat.

Koordinator komunitas donasi buku Sekadau,Dina mariana menuturkan,donasi ini dilatar belakangi keprihatinan anak-anak untuk mendapatkan buku. “ketika saya datang beberapa tempat,saya mendengarkan keluhan orang tua bahwa anak-anaknya sulit belajar kerena tidak ada buku,” ujar Dina, senin (18/3)

Dina mengatakan,beberapa sekolah yang pernah mereka kunjungi juga masih kekurangan koleksi buku di Perpustakaan. Ia dan kawan-kawan berupaya menghadirkannya “sekaligus sebagai upaya untuk menumbuhkan meningkatkan minat baca mereka,” Ucapnya.Dina mengatakan buku-buku tersebut berasal dari donatur di Pontianak,Jakarta,mahasiswa serta masyarakat umum.Sombangsih ini sangat diharapkan untuk memenuhi ketersediaan buku yang nantinya akan disalurkan kembali pada anak-anak yang membutuhkan. “Sebenarnya kami ini hanya perpanjangan tangan para donatur. Kami berharap kedepan semakin banyak lagi masyarakat yang berpartisipasi,” harapnya.

Lanjut Dina, hingga saat ini pihaknya masih menerima donasi buku,baik itu buku pelajaran,buku bacaan buku tulis hingga alat tulis.Dina juga berharap dukungan Aparatur Desa yang mereka datangi  mengkomodir penyimpanan buku tersebut.Sehingga,Anak-anak dapat menggunakannya disetiap kesempatan. “Jangan sampai hanya disimpan dan tidak pernah dibaca.

Kami harap peran serta ketua RT,Kudus untuk mengakomodirnya agar pemanfaatan buku-buku tersebut dapat efektif,” tuntas Dina. Sementara itu kepala Dusun Teribang,mengatakan Dusunnya sudah dua kali menerima donasi buku tersebut. “Pertama di Dusun Teribangnya,kedua ini di Rojok,” ucapnya.

Lanjut Bahtiar,dengan adanya sumbangan buku tersebut sangat terbantu. Sebab selama ini anak-anak didusun nya hanya mengandalkan buku yang dipinjam dari Perpustakaan Sekolah. “Mudah-mudahan kedepan bisa ditambah lagi buku-bukunya agar semakin banyak ragam buku yang bisa dibaca oleh anak-anak,” pungkasnya.

Sumber:  Rakyat Kalbar, selasa 19 Maret 2019

0Shares

Leave a Comment