SINGKAWANG - Badan Pengurus Kota Oi Kota Singkawang melalui epartemen Pendidikan  dan Pelatuhan  membuka pondok baca untuk masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di Gang Pinang Merah, Kelurhan Bukit Batu, Singkawang Tengah.

           Tujuan pondok baca ini guna memberikan semangat serta gairah bagi anak-anak untuk giat belajar, nah salah satunya melalui literasi membaca.   Kita turut prihatin kondisi pandemi Covid - 19 yang sangat berdampak bagi dunia pendidikan  khsususnya di kota Singkawang,” ujar Ketua Pengurus Kota  Oi Kota Singkawang, N Wiratama, Senin (2/11)

Dia menjelaskan, terutama anak-anak sekolah yang kini belajar di rumah  serta gawai sebagai  media pembelajaran ,”Kita harapkan pondok baca menjadi tempat anak-anak yang ingin menambah khasanah  pengetahuan dengan membaca buku dan bersosialisasi untuk menngisi hari-hari mereka  menjalani masa pandemi Covid-19, “ jelasnya

Selain itu pula pelayanan bacaan ini juga diberlakukan protokol kesehatan.  Dimana anak-anak yang ingin membaca diharuskan mencuci tangan dengan air sabun yang telah disiapkan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Ia mengatakan tempat pondok baca ini awalnya pos ronda malam tetapi pihaknya memanfaatkan  di pagi hari sebagai tempat membaca serta kegiatan  edukasi pendidikan bagi anak-anak setempat.   Kedepan, pihaknya berharap dengan kegiatan  literasi ini dapat membantu pengetahuan anak-anak serta terisi hari-hari mereka dengan ilmu pengetahuan.

“Koleksi buku disini cukup memadai dan kedepannya dapat bertambah lagi serta adanya donasi buku darp,pihak lain,” ujarnya.  (har)

Sumber : Pontianak Post