Kalimantan Barat berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional pada empat kategori lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan RI yang berlangsung secara virtual.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Yuline Marheini mengatakan Provinsi Kalimantan Barat berhasil mendapat juara pada empat lomba di tingkat nasoionL.  Diantaranya juara satu lomba perpustakaan desa tingkat nasional yakni perpustakaan Ulul Desa Mantibar Kecamatan Paloh Kabupaten sambas.

“Dari situ mereka mendapatkan hadiah  piagam dan uang pembinaan sebesar Rp.25 Juta untuk perpustakaan desa,” ujar Yuline kepada  awak media,  Senin (26/10).

Ia menambahakan kategori berikutnya meraih juarafavorit pada lomba bercerita bagi siswa Sekolah Dasar (SD)di tingkat nasional oleh Nazwar Putri Alifia Dewi siswa SD 17 Kota Singkawang.  Siswa tersebut berhasil mendapatkan hadiah piagam dan uang  pembinaan.

Dirinya menyampaikan untuk kategori ketiga masuk ke dalam  15 besar lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA yang diraih oleh SMA Negeri 1 Pontianak yang mendapatkan piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta rupiah.

“Untuk ke empat yakni mendapatkan juara terinspiratif lomba pustakawan berprestasi atas nama Dwi Cahyono Prasetyo, dari perpustakaan universitas Muhammadiyah Pontianak,” ungkapnya

Yuline menyebutkan pelaksanaan lomb dan pengumuman hasil pemenang dilakukan secara virtual yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh perpustakaan nasional yang diikuti oleh seluruh perwakilan provinsi di Indonesia.(ang)

Sumber : Tribun Pontianak