Pemerintah Kabupaten Mempawah memastikanmtak menggelar seremonial even budaya Robo-Robo tahun 2020 di Kuala Mempawah.  Meski demikian, Dinas Pendidikn, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) tetap menggelar sejumlah lomba.  Uniknya, lomba digelar dengan dengan sistem  online.  

      “ Dalm rangka memeriahkan even budaya Robo-Robo tahun 2020 di tengah merebaknya pandemi covid-19, kami menggelar lomba  lagu daerah Kabupaten Mempawah dan pokok telok  via online,” ungkap Kepala Bidang Pariwisata, Disdikporapar Kabupaten Mempawah, Raja Fajar Azansyah, SE,M.AP, Rabu (7/10) di Mempawah.

Fajar menjelaskan, lomba lagu daerah Kabupatn Mempawah akan dimulai pada 12 Oktober - 11 Nopember 2020.  Peserta lomba lagu daerah Kabupaten Mempawah terbuka untuk seluruh masyarakat umum dari berbagai daerah.  Syarat utamanya, peserta wajib menyanyikan lagu daerahKabupaten Mempawah yang dibuat dalam bentuk vidio klip.

“ Peserta boleh solo, duet maupun grup.  Nantinya, vidio di upload melalui media sosial masing-masing peserta dengan menandai Facebook Wonderful Mempawah.  Pemenang akan ditentukan  dari jumlah  tayangan vidio.  Untuk syarat dan ketentuan  lebih lengkap bisa dilihat di FB Wonderful Mempawah,” terang Fajar.

Kemudian, lanjut Fajar, pihaknya juga menggelar lomba pokok telok via online.  Lomba  akan dimulai sejak 12-25 Oktober untuk babak penyisihan dan final pada 27 Oktober 2020.  Peserta lomba khusus untuk masyarakat Kabupaten Mempawah.”Lomba pokok telok bersifat perorangan.

Nanti, foto hasil kreasi pokok telok di upload di facebook dengan menandai akun Wonderful Mempawah disertai keterangan.  Pemenang ditentukan dari jumlah like.  Untuk syarat dan ketentuan lebih lengkap bisa dilihat di FB Wonderful Mempawah,”bebernya.

Para pemenang lomba, sambung fajar akan mendapatkan hadiah berupa uang jutaan rupiah da trophy.  Hadiah akan ditransfer ke rekening masing-masing pemenang dengan ketentuan  pajak ditanggung oleh pemenang lomba.  “ Kami mengajak  seluruh masyarkat Kabupaten Mempawah maupun daerah lainnya untuk berpartisipasi mengikuti lomba lagu daerah Kabupaten Mempawah dan pokok telok via online dalam rangka memeriahkan  perayaan even budaya robo-robo tahun 2020,” tukas Fajar.(wah)

Sumber : Pontianak Post