Lonjakan Pengunjung Terjadi Signifikan

Juliansayah

Tokoh Pemuda Desa Sungai Belidak

Antusias warga untuk berkunjung di destinasi wiasata ini terbilang tinggi.  Bahkan beberapa waktu lalu, ada pengasuh pndok pesantren dari provinsi Banten yang berkunjung

KUBU RAYA,SP - Wisata desa di Kabupaten Kubu Raya kian bergairah.  Satu diantaranya Wisata Religi Pondok Psantren Darul Fikri, di Desa Sungai Belidak, Kecamatan Sungai Kakap.

Destinasi yang pada 12 September lalu diresmikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahenrawan, ini mulai diminati.  Lonjakan pengunjung terjadi siknifikan. Setiap harinya wisatawan yang datang mencapai 100 - 150 orang.  Bahkan akhir pekan dapat mencapai 250 pengunjung.

Bukan tanpa sebab halitu terjadi.  Pasalnya, selain menawarkan suasana wisata bernuansa religi, aneka penganankhas daerah juga menjadi daya tarik  tersendiri.

“Antusias warga untuk berkunjung di destinasi wiasata ini terbilang tinggi.  Bahkan beberapa waktu lalu, ada pengasuh pondok pesantren dari Provinsi Banten yang berkunjung.  Dalam kunjungannya, pengasuh pondok tersebut mengaku terinspirasi dengan wisata religi Pondok Pesantren  Darul Fikri,” ujar Juliansayh, tokoh pemuda Desa Sungai Belidak, kemarin.

Juliansyah mengungkapkan bahwa pengunjung wisata religi Darul Fikri tak hanya dari Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.  Namun juga dari kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Barat, seperti Mempawah, Sambas, Sanggau dan Kota Singkawang,  Setiap harinya  pengunjung cukup banyak, mencapai 100-150 orang.  Bahkan akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu bisa mencapai 250 orang.

“Ada yang sudah memesan tiket masuk terlebih dahulu melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh pengelola wisata,”ujarnya.

“Selain untuk menikmati suasana religi, kebanyakan pengunjung juga ingin menikmati aneka makanan tradisional yang berasal dari kampung setempat,” imbuh Juliansyah.

Juliansyah mengatakan, pihak pondok terus melakukan evaluasi terkait fasilitas dan pelayanan yang ada untuk menarik lebih banyak pengunjung.  Ia mengungkapakan, luas lahan wisata juga akan ditambah, termasuk menambah sarana hiburan lainnya.

“Alhamdulillah,   sampai saat ini sudah ada donatur yang berpartisipasi dalam pengembangan wisata religi tersebut.  Bahkan ada donatur yang memberikan seribu kelinci yang akan ditempatkan di kebun binatang mini di lokasi wisata,”tutupnya. (rio/Lha)

Sumber : Suara Pemred