Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara professional dengan sistem kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi pemustaka. Perpustakaan juga bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan tujuan tersebut, perpustakaan berusaha sebaik mungkin untuk bisa menyediakan layanan yang optimal.

Layanan pada perpustakaan juga sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 bahwasannya layanan perpustakaan harus dilakukan secara prima dan berorientasi bagi kepentingan pemustaka dan menerapkan tata cara layanan berdasarkan standar yang ada. Selain itu, perpustakaan juga dapat mengembangkan layanan yang mereka miliki sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebuah keberuntungan di masa kini sebab kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu manusia di segala bidang termasuk perpustakaan. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan dapat meningkatkan pelayanannya seperti yang dijelaskan pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007.

Sebelum memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan harus melakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan dimaksudkan agar perpustakaan dapat membuat perhitungan dan penentuan yang tepat untuk kedepannya. Perencanaan menurut Hartono (2016) adalah proses kegiatan dalam menyusun sasaran dan sumber daya yang diperlukan dalam kurun dan waktu tertentu untuk masa yang akan datang sesuai dengan tugas dan fungsi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan perpustakaan.

Selain perencanaan, perpustakaan juga memerlukan pustakawan atau staf yang memahami kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang akan digunakan sebab jika pustakwan atau staf tidak memahami kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang akan digunakan kedepannya, pelayanan yang akan disuguhkan tidak akan berjalan. Dengan itu, kehadiran bimtek kepada pustakawan dan staf sangat berguna untuk menambah ilmu para pustakawan dan staf.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan membuat berbagai jenis layanan hadir seperti otomasi perpustakaan, Institutional Repository, dan perpustakaan digital. Otomasi perpustakaan merupakan alat atau media yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada otomasi perpustakaan, terdapat sistem otomasi perpustakaan atau Library Automation System yaitu perangkat lunak yang beroperasi berdasarkan pangkalan data untuk mengotomasikan perpustakaan. Aplikasi otomasi perpustakaan yang ada di Indonesia terdiri dari dua, yaitu SLiMS dan Inlislite.

Institutional Repository Barton dan Waters (dalam Asmad, C. C., dkk, 2018) adalah pangkalan data sekaligus layanan yang mengumpulkan, menyimpan, mengindeks, melestarikan, dan mendistribusikan hasil penelitian ilmiah perguruan tinggi dalam bentuk digital dan dapat diakses via online. Institutional Repository merupakan salah satu layanan yang terdapat di perpustakaan perguruan tinggi yang berfungsi untuk mengatur, mengorganisasikan, mengelola, dan menyebarkan karya ilmiah berbentuk elektronik yang berasal dari civitas akademik itu sendiri. Institutional Repository sering dijumpai dalam akses terbuka. Mayoritas perguruan tinggi yang ada di Indonesia sudah menerapkannya.

Perpustakaan digital menurut Imam Yuadi (2007) adalah koleksi data multimedia dalam skala besar yang terorganisasi dengan perangkat manajemen informasi dan metode yang mampu menampilkan data sebagai informasi dan pengetahuan yang berguna bagi masyarakat dalam berbagai konteks organsiasi dan sosial masyarakat. Pada perkembangan hingga saat ini, perpustakaan digital di Indonesia sudah memasuki perpustakaan digital 4.0 yang memiliki konsep borderless library yang diwujudkan semakin nyata dengan bentuk mobile. Perpustakaan digital 4.0 ini dapat kita jumpai seperti iPusnas, iKalbar, iJakarta, dan lainnya.