Pada era sekarang, perkembangan teknologi semakin pesat seiring dengan terus tumbuhnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan teknologi tersebut, seluruh instansi berlomba-lomba untuk memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendapatkan layanan yang lebih prima. Salah satu dari sekian banyak instansi tersebut adalah perpustakaan.

Perpustakaan memiliki beberapa layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna perpustakaan. Beberapa layanan perpustakaan dapat diakses langsung dengan berkunjung ke perpustakaan dan beberapa layanan juga dapat diakses secara online. Salah satu layanan yang dapat diakses secara online adalah layanan perpustakaan digital.

Layanan perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional bernama iPusnas. Pada aplikasi ini, pengguna perpustakaan dapat dimanjakan dengan berbagai fitur yang tersedia yang terdiri dari:

  1. Fitur koleksi buku

Merupakan fitur yang dapat mengantar pengguna perpustakaan menjelajah ribuan judul e-book yang ada du iPusnas.

  1. Fitur ePustaka

Fitur ini mampu memenuhi keinginan pembaca untuk bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing.

  1. Fitur Rak Buku

Fitur ini merupakan rak buku virtual milik pembaca, yang mana menyimpan semua riwayat peminjaman buku sehingga fitur tersebut dapat memudahkan pembaca untuk membaca buku yang telah dipinjam.

  1. Fitur eReader

Fitur ini memampukan gawai (gadget) milik pembaca dapat membaca ebook dengan mudah dan nyaman di dalam aplikasi iPusnas.

Untuk meminjam buku digital yang terdapat di iPusnas, pengguina perpustakan dapat melakukan cara sebagai berikut

  1. Unduh aplikasi iPusnas di ponsel cerdas melalui Google Play Store ataupun App Store.
  2. Pilih salah satu fitur yang digunakan untuk mendaftarkan diri ke aplikasi iPusnas. Fitur tersebut terdiri dari Connect with Facebook ataupun Connect with Email.
  3. Lakukan registrasi.
  4. Pilih fitur Library merupakan katalog buku serta berperan sebagai store dalam iPusnas. Fitur ini terdiri dari dari beberapa fitur seperti kategori, search book, recommended book.
  5. Pilih buku yang akan dipinjam.
  6. Selanjutnya, pilih “pinjam” untuik meminjam buku. Buku akan otomatis ditarik jika masa peminjaman telah selesai.