iKalbar adalah aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat yang bekerja sama dengan PT Woolu Aksara Maya. Aplikasi ini diluncurkan pada tanggal 1 November 2017, bertepatan dengan pembukaan penyelenggaraan Kalbar Book Fair 2017. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store untuk ponsel cerdas berbasis android dan mengunjungi situs Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat untuk mengunduh aplikasi iKalbar untuk komputer dan sejenisnya. Aplikasi ini menyediakan buku berbasis e-book dengan masa peminjaman selama beberapa hari dan jika sudah sampai masa tenggat peminjaman, maka akan otomatis ditarik oleh aplikasi.

Aplikasi ini cukup mudah digunakan. Pemustaka cukup mendaftar menggunakan akun Facebook atau akun email dan pemustaka dapat mengakses aplikasi iKalbar. Aplikasi iKalbar juga memiliki beberapa fitur unggulan yaitu.

  1. Koleksi buku: Fitur yang mengantarkan pengguna menjelajahi judul e-book yang ada di iKalbar.
  2. ePustaka: Fitur unggulan iKalbar yang memungkinkan pengguna bergabung menjadi anggota perpustakaan digital dengan koleksi beragam dan menjadikan perpustakaan berada dalam genggaman.
  3. Feed: Fitur untuk melihat semua aktivitas pengguna iKalbar seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain, dan beragam aktivitas lainnya.
  4. Rak buku: Fitur berupa rak buku virtual milik pengguna dimana semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya.
  5. e-Reader: Fitur yang memudahkan pengguna membaca e-book di dalam iKalbar.

Sejak diresmikan pada tahun 2017, jumlah koleksi di iKalbar berjumlah 3.741 judul buku dan 72.308 eksemplar hingga tahun 2019. Selain itu, pengguna iKalbar telah berjumlah 1.224 hingga Desember 2019. Setiap tahunnya, pengguna iKalbar mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 terdapat 284 pengguna aplikasi iKalbar, lalu meningkat sebanyak 366 orang pada tahun 2018, dan pada tahun 2019 juga turut meningkat dengan pengguna sebanyak 574 orang.