Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian hari kian berkembang. Hal itu dikarenakan ilmu pengetahuan yang semakin maju serta era industry dan teknologi yang semakin berkembang. Setiap hari, manusia bersinggungan dengan teknologi guna membantu atau memudahkan pekerjaan manusia.

Perpustakaan merupakan sector yang merasakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kehadiran teknologi membuat layanan di perpustakaan semakin berkembang dan berinovasi. Hal itu ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Pasal 14 Ayat 3 bahwa setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Terdapat banyak layanan perpustakaan yang memanfaatkan teknologi. Salah satu layanan tersebut adalah perpustakaan digital. Perpustakaan digital menurut Chisegen (2003) yang dikutip oleh Abdul Rahman Saleh adalah sebuah jasa informasi dimana semua sumber informasi tersedia dalam bentuk hasil pemrosesan computer dan mempunyai fungsi dari perpaduan, penyimpanan, temu kembali, dan akses yang kemudian disajikan yang semua itu dilakukan dengan bentuk teknologi digital.

Perpustakaan digital perlahan sudah mengurangi basis web. Hal itu dibuktikan dengan sistem perpustakaan digital yang berbasis mobile. Mobilitas yang tinggi tidak menghalangi pengguna apabila ingin menggunakan perpustakaan. Salah satu bentuk dari perpustakaan digital yang berbasis mobile seperti iPusnas dan iKalbar.

Aplikasi seperti iPusnas dapat diunduh melalui Google Play Store untuk pengguna ponsel cerdas berbasis Android ataupun melalui website untuk pengguna PC (Persenoal Computer). Selain mudah diunduh, aplikasi perpustakaan digital juga memiliki fitur-fitur yang memanjakan pengguna perpustakaan. Pengguna perpustakaan juga tak perlu memikirkan kapan harus mengembalikan buku yang dipinjam sebab sistem akan otomatis menarik buku yang dipinjam jika masa peminjaman sudah selesai.

Di masa pandemi, dengan mobilitas manusia yang terbatas karena penyebaran virus yang semakin cepat, perpustakaan digital hadir sebagai alternative untuk pengunjung perpustakaan agar tetap bisa mengakses informasi dimanapun dan kapanpun.