Abad teknologi ini merupakan sebuah pusat informasi bagi seluruh penggunanya. Perpustakaan berperan sebagai pusat ilmu pengetahuan dalam institusi baik bisnis, kerja akademik maupun pemerintahan. Untuk itu perpustakaan di tuntut untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan, mengikuti kemajuan-kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang jasa informasi khususnya perpustakaan sudah selayaknya memberikan dan menyediakan kebutuhan yang maksimal kepada orang yang membutuhkan. Perpustakaan tidak hanya sebagai pusat belajar dan pusat layanan bahan pustaka yang sangat penting. Perpustakaan juga berfungsi sebagai tempat bimbingan, pusat informasi dan pusat rekreasi, pusat belajar mengajar di tengah-tengah lingkungannya. Menurut Sulistiyo Basuki perpustakaaan adalah sebuah ruang, sebuah dari ruang atau gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang bisa disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca bukan untuk di jual.

Perpustakaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, diantaranya perbaikan sarana dan prasarana perpustakaan, termasuk ruangan perpustakaan. Pemustaka merasa nyaman selama berada di ruang perpustakaan, namun masih belum sesuai dengan yang diharapkan pemustaka. Kebutuhan ruangan, ketersediaan ruangan, dan kualitas ruangan memberikan kontribusi terhadap prediksi kenyamanan yang dirasakan pemustaka.

Perpustakaan yang paling dibutuhkan pemustaka adalah ruangan yang ada akses internetnya, ruangan baca, ruangan multi media, ruangan meja informasi, ruangan diskusi, ruangan baca personal, dan kid corner.  Ruangan tersebut semestinya harus disediakan dengan baik oleh layanan perpustakaan, walaupun belum sesuai harapan pemustaka.  Pemustaka merasa nyaman selama berada di ruang perpustakaan, namun masih belum sesuai dengan yang diharapkan pemustaka.

Tidak hanya sarana dan prasarana saja yang harus diperhatikan tetapi juga pengetahuan, sikap dan kemampuan pustakawan dalam memberikan layanan perpustakaan kepada pemustaka harus lebih baik dan profesional guna untuk kenyamanan pemustaka.