Layanan perpustakaan merupakan layanan yang memberikan jasa layanan kepada pengguna perpustakaan yang memanfaatkan koleksi perpustakaan dengan tujuan agar jasa yang disediakan dapat digunakan semaksimal mungkin oleh pengguna perpustakaan. Pelayanan adalah aktivitas atau hasil yang dapat ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain yang biasanya tidak kasat mata dan hasilnya tidak dapat dimiliki oleh pihak lain. Pelayanan yang diperlukan manusia pada dasarnya ada dua jenis, yaitu layana fisik yang sifatnya pribadi sebagai manusia dan layanan administratif yang diberikan orang lain selaku anggota organisasi, baik organisasi massa atau negara. Layanan perpustakaan adalah bentuk layanan yang diberikan petugas kepada pengguna perpustakaan dalam memanfaatkan perpustakaan. Peran perpustakaan sangat dibutuhkan dalam rangka mencerdaskan dan meningkatkan minat baca sehingga masyrakat bisa berilmu.

 

Menurut UU Nomor 43 tahun 2007, tentang Perpustakaan pasal 1, ayat 1, menyebutkan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan sistem baku, guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan referensi para pemustaka. Sejalan dengan perkemabangannya, beberapa tahun terakhir sejak dikelurkannya UU No. 43 tahun 2007, perpustakaan mulai mendapat perhatian dari pemerintah terkait eksistensinya maupun perkembangannya.  Perpustakaan mulai diberikan ruang untuk melakukan kegiatan terutama kepentingan pendidikan. Bahkan dikatakan bahwa setiap lembaga pendidikan diwajibkan untuk menyelenggarakan perpustakaan.

 

Pengertian layanan menurut pandangan kita layanan adalah suatu tindakan sukarela dari suatu pihak ke pihak lain dengan tujuan hanya sekedar membantu, atau adanya permintaan kepada pihak lain unutk memenuhi kebutuhannya secara sukarela. Pelayana adalah aspek yang tidak bisa disipelekan dalam persaingan bisnis manapun. Karena dengan layanan konsumen akan menilai kemudian menimbang apakah selanjutnya dia akan loyal kepada pemberi layanan tersebut. Hingga tak jarang para pebisnis memaksimalkan layanan untuk menarik konsumen sebesar-besarnya. Maka dari itu, bila ingin menarik konsumen dengan sebanyak-banyaknya harus mengetahui arti dari layanan itu sendiri. Yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan yaitu:

  1. Memiliki karyawan yang profesional khususnya yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang baik dan dapat menunjang kelancaran produk ke pelanggan secara cepat dan tepat.
  3. Tersedianya ragam produk yang diinginkan, dalam artian konsumen sekali membeli barang produk dengan kualitas produk dan pelayanan yang mereka inginkan.
  4. Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan dari awal hingga selesai.
  5. Mampu melayani secara cepat dan tepat, tentunya jika dibandingan pihak pesaing.
  6. Mampu berkomunikasi dengan jelas, menyenangkan dan mampu menangkap keinginan dan kebutuhan pelanggan.
  7. Memberikan jaminan kerahasian setiap transaksi.
  8. Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tentang produk yang dijual dan pengetahuan umum lainnya.

Layanan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti prihal atau cara melayani dan membantu menyiapkan apa-apa yang diperlukan seseorang. Layanan perpustakaan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pustakwan agar bahan perpustakan dapat dimanfaatkan dan diberdaya gunakan dengan optimal oleh para pemustaka. Sehingga perpustakaan dapat menjalankan seluruh fungsi-fungsinya dengan baik. Layanan perpustakaan atau biasa juga diistilakan dengan layanan pengguna merupakan kegiatan melayankan koleksi, fasilitas dan jasa perpustakaan kepada pengguna perpustakaan. Pelayanan pemustaka adalah bagian, seksi maupun tugas diperpustakaan yang kegiatannya berkaitan dengan pemanfaatan jasa informasi yang dikelola diperpustakaan. Setiap perpustakaan mempunyai layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka yaitu :

  1. Layanan sirkulasi adalah tempat berlangsungnya pengembalian dan peminjaman buku bagi pemustaka.
  2. Layanan referensi adalah layanan untuk memberikan bantuan kepada pemustaka agar dapat menemukan informasi yang dibutuhkan.
  3. Layanan penelusuran informasi adalah layanan yang dapat digunakan oleh pemustaka untuk menelusur informasi di perpustakaan tersebut.
  4. Layanan display adalah layanan berupa informasi mengenai koleksi terbaru yang ada di perpustakaan.
  5. Layanan koleksi adalah tempat tersimpannya koleksi perpustakaan yang dapat dimanfaatkan pemustaka.
  6. Layanan ruang baca adalah layanan yang ada disetiap perpustakaan sebagai tempat bagi pemustaka untuk membaca maupun berdiskusi di dalam ruangan perpustakaan.

Semua layanan diperpustakaan harus diberikan secara baik dan semaksimal mungkin guna memberikan layanan/kepuasan kepada pemustaka demi tercapainya layanan prima.