oleh Tirta

Dengan memberdayakan perpustakaan secara maksimal, perpustakaan dapat mengembangkan dan meningkatkan aktivitas   layanannya dalam segala aspek sebagai suatu bahan kebijakaan dalam rangka pengembangan perpustakaan itu sendiri. Perpustakaan kita kenal sebagai tempat peminjaman buku atau pustaka non buku yang dijadikan sebagai suatu ujung tombak pelayanan. Biasanya koleksi yang dipinjamkan adalah koleksi jenis buku dan fiksi yang paling banyak dibutuhkan pemustaka tradisional. Koleksi lain seperti jurnal, hasil-hasil penelitian, referensi, makalah ,seminar, tesis dan disertasi cenderung diminati oleh pemustaka tertentu. Mereka menggunakan koleksi tersebut dalam rangka menyusun tulisan, melakukan penelitian atau menganalisis kebijakan. Perpustakaan perlu melakukan pengembangan koleksi memperbaiki sistem layanannya serta melakukan promosi perpustakaan secara ekstra.

Kegiatan peningkatan pelayanan perpustakaan  Saat ini  bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang layanan jasa perpustakaan, untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat terhadap perpustakaan, meningkatkan minat baca masyarakat, meningkatkan pengguna teknologi informasi dan komunikasi, dan memperluas jangkauan pelayanan kepada pemustaka / masyarakat.  Kegiatan pelayanan perpustakaan juga di fasilitasi dan operasional sistem layanannya  harus didukung dengan sumber daya manusia perpustakaan yang lebih kompeten agar dapat memberikan layanan yang baik kepada masyarakat.

Pemberian layanan kepada pemustaka dalam memperoleh informasi dan penggunaan fasilitas perpustakaan dapat dilaksanakan secara manual maupun berbasis teknologi informasi. Layanan secara manual/tradisional yaitu pelaksanaan layanan menggunakan perlengkapan non elektrik (kartu katalog, kartu buku, buku peminjaman dan lain-lain. Layanan berbasis teknologi informasi dalam pelaksanaan memerlukan ketrampilan dan keahlian teknis serta teknologi informasi. Selain ketrampilan tersebut juga diperlukan adanya sarana dan prasarana pendukung (perangkat komputer yang meliputi hardware dan softwarenya) dan segala sarana pendukung lainnya. Sarana seperti perangkat komputer dan sarana pendukungnya berperan sebagai alat untuk mengakses data dan informasi melalui  sistem intranet (server lokal) maupun internet  (server web). Sasaran kegiatan peningkatan pengembangan layanan jasa perpustakaan dengan menambahkan  jumlah jam layanan pada waktu berkunjung ke perpustakaan, yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan kegiatan tambahan jam layanan ini diharapkan bagi pengguna jasa perpustakaan semangkin lebih terpacu untuk berkunjung ke perpustakaan. Untuk saat ini dalam kondisi pandemi Covid -19, jasa perpustakaan tetap harus berjalan dengan menyesuaikan jumlah jam layanan  pada saat pandemi. Semoga kedepanya kegiatan peningkatan pelayanan jasa perpustakaan terus berkembang dapat meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.