oleh Welasati

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat terus berupaya meningkatkan minat baca sejak dini antara lain dengan program perpustakaan keliling  Pondok Pesantren , sekolah, Panti Asuhan, Lapas Anak

Pustakawan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Anna Rosiyanti, S. Sos  mengatakan, mengatakan, program perpustakaan keliling, merupakan salah satu upaya pihaknya untuk jemput bola menarik anak-anak untuk kembali menyenangi membaca buku.

Menurut dia, melalui mobil perpustakaan keliling yang banyak memuat banyak berbagai macam jenis judul buku, dapat menumbuhan minat baca, terutama pada anak-anak.


Saat mobil keliling berkunjung ke sekolah mereka, tanpa dikomando, anak-anak langsung mengerumuni mobil tersebut dengan suka cita.

Berbagai macam buku yang telah disiapkan khusus untuk anak, mulai dari cara membaca, majalah bergambar hingga buku cerita, menjadi daya tarik untuk menumbuhkan minat membaca dan menambah wawasan pengetahuan bagi anak.


Anna Rosiyanti  mengatakan, setiap hari perpustakaan keliling terus melakukan jemput bola, untuk menjangkau masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari perpustakaan.

Saat datang, tambah dia, isi literasinya yang akan diberikan selalu berbeda, disesuaikan dengan sasaran kunjungan mobil perpustakaan, apakah anak-anak, remaja, dewasa.


Kegiatan tersebut, sangat efektif menarik minat baca, karena  para siswa antusias memilih buku, walau hanya sekedar melihat gambar.

 Keberadaan perpustakaan keliling, sangat membantu untuk menarik minat baca anak-anak.

Alhamdulillah  ada perpustakaan keliling, anak-anak senang sekali Ya, jadi bisa mendorong minat baca dan bisa mengalihkan ketertarikan anak-anak dari bermain HP.

Kegiatan tersebut dapat minat anak-anak untuk  membaca sehingga pengetahuannya semakin bertambah.