oleh Nurdiansyah

Eksistensi perpustakaan didaerah di banyak wilayah sampai saat ini masih seperti ada dan tiada, terutama untuk daerah dengan APBD terbatas. Untuk itu dengan adanya layanan perpustakaan  bisa mendapatkan pengetahuan lebih jauh, guna untuk mengembangkan perpustakaan yang berada setiap Kabupaten/kota  agar lebih berperan dalam membentuk kualitas masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat , memberikan apresiasi yang sangat tinggi akan tujuan yang telah disampaikan,  menurutnya  perpustakaan di abad 21 ini bukan lagi tentang mengumpulkan koleksi melainkan knowledge transfer. Perpustakaan adalah panggung untuk memperbaiki kualitas masyarakat sebuah negara karena membaca menjadi pondasi untuk membangun peradaban bangsa.

Tidak mungkin ada beragam produk canggih bisa dipersembahkan di atas muka bumi tanpa didahului oleh orang-orang pembaca dan teliti, maka perpustakaan  menjadi pondasi utama. Perpustakaan harus hadir untuk mendampingi masyarakat menjadi cerdas dengan jutaan pengetahuan yang ada di dalamnya.

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, yaitu pada bidang Pelayanan Perpustakaan mewujutkan perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan dan informasi yang handal. Dimana misi layanan perpustakaan adalah untuk meningkatkan peran perpustakaan guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi serta pembudayaan kegemaran membaca. Selain itu dapat meningkatkan kinerja pegawai melalui peningkatan SDM dan tertib pengelolaan keuangan dan aset.Jadi moto atau janji Pelayanan  adalah melayani anda meraih ilmu.