oleh Jamilah

Kebiasaan membaca harus dilatih sejak usia dini, yaitu dengan memberikan bahan bacaan kepada anak semenjak dini, menyediakan ruangan membaca khusus untu anak. Seperti sebuah ruangan bacaan yang terdapat pada perpustakaan umum , kota yang menyediakan ruangan khusus tempat membaca anak dan juga memiliki koleksi khusus untuk anak-anak, koleksi anak yang ada yaitu buku dongeng, buku belajar Alqur’an, majalah anak, buku doa, buku bergambar, buku cerita rakyat dan lain-lain.

Layanan seperti ini biasan tanpa teks. Anak balita banyak tertarik pada gambar dan warna warna yang menyolok. Setelah usia dasar anak diperkenalkan dengan hurup dan angka.  Oleh karena itu koleksi untuk anak usia ini adalah buku yang bergambar.Tujuan utama dari layanan anak-anak antara lain adalah :

  1. Menyediakan koleksi berbagai bentuk bahan pustaka, serta penyajiannya yang menarik perhatian anak dan mudah digunakan.
  2. Memberikan bimbingan kepada anak anak dalam memilih buku dan bahan pustaka lainnya yang sesuai dengan usianya.
  3. Membina , mengembangkan dan memelihara kesenangan membaca ( sebagai hobi ) dan mendidik anak belajar mandiri .
  4. Mempergunakan semua sumber yang ada di Perpustakaan untuk menunjang pendidikan seumur hidup.
  5. Membantu anak untuk mengembangkan kecakapannya dan menambah pengetahuan sosial .
  6. Berfungsi sebagai suatu kegiatan sosial dalam masyarakat untuk mensejahterakan anak.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat yang beralamat Jalan  Letjen Sutoyo No.6, pada Bidang Layanan Perpustakaan masih tetap untuk melayani pemustaka dalam masa penanggulangan Covid-19.  Namun jam layanan berkurang terkait masa pandemi Covid-19.

Semula jadwal  jam layanan hari Senin sampai dengan hari Sabtu dari pukul 08.00 wib s.d 17.00 wib dan Minggu dari Pukul 09.00 s.d 17.00 WIB kini jadwal tersebut berubah menjadi hari Senin s/d Sabtu pukul 08.00 s/d 15.30. Hari Minggu dan hari libur nasional, layanan anak perpustakaan tutup. .Untuk layanan anak, dibuka khusus untuk layanan sirkulasi yaitu peminjaman dan pengembalian buku. Untuk sementara layanan baca ditempat ditiadakan demi menjaga penularan Covid -19