oleh Tirta

Perpustakaan  pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat  merupakan lembaga layanan publik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat, oleh karena itu perpustakaan mempunyai peran yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat.

Sebagai layanan publik dalam rangka penyebaran informasi, Perpustakaan Provinsi dituntut menyelenggarakan layanan prima kepada pemustaka.

Selain menyelenggarakan layanan menetap, Perpustakaan Provinsi juga menyelenggarakan layanan perpustakaan keliling untuk melayani pemustaka yang berada jauh dari jangkauan perpustakaan umum atau perpustakaan menetap.

Penyelenggaraan kegiatan layanan perpustakaan keliling merupakan kegiatan perluasan layanan dan sekaligus kepanjangan tangan dari layanan perpustakaan menetap atau perpustakaan umum. Sehingga layanan perpustakaan keliling memang diprioritaskan bagi masyarakat yang jauh dari layanan perpustakaan umum atau perpustakaan menetap.

Keberadaan perpustakaan keliling akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat luas untuk mengakses bahan bacaan yang dibutuhkan, baik untuk menunjang kehidupan sehari-hari maupun hanya untuk sekedar rekreasi.

Kegiatan perluasan layanan tidak hanya dilakukan dengan menyelenggarakan perpustakaan keliling saja. Perpustakaan Provinsi juga menyelenggarakan layanan khususnya ke sekolah-sekolah melalui Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah. Layanan dapat menjangkau sekolah-sekolah yang jauh dari layanan perpustakaan menetap, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejenuhan koleksi. Selain itu untuk menjangkau anak-anak sekolah dasar yang berada di Kec. Pontianak /kota,Lapas Anak II B dan lain sebagainya.Perpustakaan Provinsi juga melakukan layanan dengan 2 unit mobil perpustakaan keliling,yang mana satu mobil perpustakaan keliling tersebut membawa 1.200 buku dengan jumlah 600 judul berbagai bidang ilmu pengetahuan hal ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan minat baca anak sejak usia dini.

Peningkatan layanan perpustakaan keliling  Perpustakaan pada Bidang Pelayanan Perpustakaan bertujuan untuk dapat Memberikan layanan kepada masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpustakaan daerah/perpustakaan menetap/perpustakaan umum,Memfasilitasi layanan bahan pustaka/bahan bacaan kepada masyarakat umum dan sekolah, Membudayakan gemar membaca kepada masyarakat luas, Mensosialisasikan keberadaan dan arti penting perpustakaan, Mempermudah memperoleh koleksi bermutu yang di sediakan perpustakaan keliling,Dan dapat memenuhi kebutuhan koleksi /bahan bacaan perpustakaan keliling serta membudayakan gemar membaca sejak usia dini. Sasaran  dari kegiatan layanan perpustakaan keliling adalah targetnya  pada masyarakat umum , tempat-tempat khusus , sekolah SD, dan Lapas Anak.

Kegiatan    peningkatan layanan perpustakaan keliling dengan tujuan melayani semua lapisan masyarakat , tanpa mengenal batas usia serta bebas memanfaatkan layanan jasa perpustakaan keliling yang sifatnya fleksibel dan selalu berpindah – pindah dari tempat yang satu ketempat yang lain sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan .Melalui kunjungan ketempat – tempat umum yang pada dasarnya bersifat terbuka tanpa kita sadari secara aktif telah mempromosikan layanan perpustakaan kepada masyarakat yang belum pernah mengenal perpustakaan khususnya mobil perpustakaan keliling . Hal ini perlu ditingkatkan sesuai dengan perubahan zaman  dan tuntutan  masyarakat yang semangkin berkembang.