Dinas Perpustakaan dan kearsipan (Dispussip) Kabupaten mempawah menggelar cerita lomba rakyat tingkat pelajar SD/MI tahun 2019. Selasa (19/3) kemarin. Lomba dipusat kan dikantor Perpusda mempawah yang dibuka langsung Setda mempawah,Ismail.

Ismail merespon baik lomba bercerita yang dilaksanakan perpusda mempawah. Menurutnya,hal ini sejalan dengan upaya perwujudan misi pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia,terutama untuk kalangan pelajar.

“Pada dasarnya lomba bercerita untuk meningkatkan kemampuan siswa SD untuk mengapresuasikan berbagai cerita rakyat yang beratar belakang budaya Indonesia.Dimana akan tumbuh rasa kekaguman anak pada Khasanah kekayaan budaya bangsa” Ujarnya.

Ismail menilai lomba bercerita ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kematangan berbahasa anak didik,itu mulai dari menyusun struktur bahasa sampai dengan mengetahui makna cerita.”Saya juga berharap melalui cerita rakyat yang dilombakan,terserap nilai -nilai pembelajaran positif,moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari” ungkapnya. Sementara itu kepala Perpusda Mempawah Johana Sari Margiani mengatakan lomba bercerita ini telah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.Ia menjelaskan lomba bercerita ini bertujuan menciptakan dan menumbuhkembangkan kegemaram membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal,dalam upaya memperkokoh persatuan dan kestuan bangsa.

“kita ingin membudayakan dan meningkatkan gemar membaca dari sejak usia dini,karena membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan yang harus dujag dan ditingkatkan esensinya melalui berbagai upaya pembinaan dan perkembangan kegemaran membaca,” Paparnya.

Sumber :Tribun Pontianak , Kamis 21 maret 2019

0Shares

Leave a Comment